PD Sindangkasih Multi Usaha Jalin MoU dengan 4 Perusahaan

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Perusahaan Daerah Sindangkasih Multi Usaha (PD SMU) Kabupaten Majalengka menjalin kerja sama dengan empat perusahaan. Kerja sama tersebut dilakukan di sektor energi hingga usaha mikro kecil menengah itu dilakukan demi pembangunan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Kerja sama strategis itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (30/12/2020).
Pendatanganan dilakukan dengan empat perusahaan. Di antaranya PT Kaldu Sari Nabati, PT Sugawara Kogyo Indonesia untuk bisnis pabrik Asfalt Mixing Plant (AMP), Arkanata Global Media Jasa Penyediaan Internet dan CV Karya Mandiri perakitan produksi rotan.
Bupati dan Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi-Tarsono D Mardiana, Sekertaris Daerah H Eman Suherman, Anggota Komisi II DPRD Fajar Shidiq dan para pejabat dilingkungan pemerintah daerah ikut menyaksikan pendatangan kerjasama MoU bisnis tersebut.
Direktur Utama PD SMU Kabupaten Majalengka, Dede Sutisna, mengatakan, dengan MoU ini realisasi bisnis PD SMU meliputi pembelian gas industri bersama PT Pertamina untuk perusahaan PT Nabati.
Selanjutnya, PT Sugawara Kogyo Indonesia untuk bisnis pabrik Asfalt Mixing Plant (AMP), Arkanata Global Media Jasa Penyediaan Internet dan CV Karya Mandiri perakitan produksi rotan dan Off Taker UMKM bersama minimarket.
Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa PD SMU telah melakukan kajian dan telah menyediakan investor untuk rencana bisnis ke depan dan jenis usaha yang akan direalisasikan ke depan.
Diantaranya meliputi, Pabrik Bathcing, Lab limbah B3, pabrik pengolahan limbah B3, jasa security dan cleaning servis, air minum dalam kemasan, pengelolaan wisata alam Panorama Alam Cikebo, pengelolaan Waterboom Exs Gerage dan pengelolaan wisata kolam renang Sang Raja.
“Semua wacana ini telah melalui tahapan kajian dan calon investornya pun sudah ada. Jadi, untuk usaha ini tinggal direalisasikan dan mudah-mudahan di Tahun 2021 bisa direalisasikan,” ungkapnya kepada TIMES Indonesia.
Sementara itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi berharap, dengan hadirnya PD SMU ini bisa terjalin sinergitas, meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Majalengka.
Karena, bagaimanapun juga, menurut Bupati, perusahaan daerah memiliki tujuan untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah. Khususnya, dalam pembangunan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menuju Majalengka Religius Adil Harmonis dan Sejahtera (Raharja).
“Karena namanya juga multi usaha, artinya terjadi diversifikasi penganekaragaman usaha yang harus dijalankan oleh PD SMU Kabupaten Majalengka ini. Kita berharap perusahaan daerah ini bisa berdiri sesuai tuntutan dan harapan awal, menjadi perusahaan daerah yang kita banggakan,” harapnya. (*)

Oleh : Ahmad Rizki Mubarok

Leave a Reply