Bantu UMKM Adaptasi di Tengah Pandemi

MAJALENGKA-Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Majalengka mendapat pelatihan kewirausahaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Sabtu (5/9). Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Dr Ir H Sadili MSi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan kolaborasi antara Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Bahkan UMKM sendiri sebenarnya sudah sangat akrab dan dekat dengan pariwisata. “Produk UMKM lokal ini membuat destinasi wisata mempunyai makna lebih dari sekadar dilihat tetapi menjadi diingat. Untuk itu, diperlukan kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik Dinas Koperasi dan UKM (KUKM), Dispar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan sebagainya. Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini,” ungkapnya usai membuka acara pelatihan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dr Hj Lilis Yuliasih MPd melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Adhi Setya Putra SE sangat mengapresiasi pelatihan tersebut. Dirinya juga mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dengan jumlah peserta 60 orang. Pelatihan dibagi dalam 2 kelas, yakni pelaku UKM fashion 30 orang dan pelaku pengelola wisata 30 orang.

Dtu dirinya juga meminta kepada peserta untuk bersungguh-sungguh untuk mengikuti pelatihan ini sampai selesai.
“Saya berharap peserta ikut sampai selesai. Karena di masa sekarang ini yang dibutuhkan adalah eksistensi. Pelaku UKM harus mampu beradaptasi pada masa pandemi dan new normal dengan manfaatkan segala peluang untuk meningkatkan pendapatan pada masa pandemi ini,” ujarnya.

Dirinya juga menekankan kepada para pelaku usaha untuk tetap mentaati protocol kesehatan diantaranya 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. (bae/opl)

Related Posts

Leave a Reply